Akhir-akhir ini saya suka sekali dengan yang namanya Calisthenics, banyak sekali manfaat dari calisthenics itu sendiri. Bagi yang belum tahu apa itu calisthenics saya akan menerangkan sedikit.

Calisthenics adalah latihan kebugaran yang dilakukan tanpa bantuan alat atau beban berupa mesin fitnes melainkan mengandalkan berat badan kita sendiri. Tujuan dari calisthenics ini sendiri adalah untuk memperkuat dan membangun otot-otot pada tubuh, selain itu juga dapat meningkatkan fleksibelitas otot. Banyak sekali bentuk latihan calisthenics beberapa contoh diantaranya : Push up, Pull up, Sit up, Squat, Jumping jack, Leg raise dan masih banyak variasi lainnya dari yang simple sampai yang ekstrimpun ada.

Nah, sudah tahukan apa itu calisthenics. Untuk lebih jelasnya berikut akan saya beri sedikit contoh yang biasa saya lakukan beberapa gerakan calisthenics.

  • Push Up
push up
cara push up

Manfaat yang didapat dari pus up adalah mengencangkan otot dada, otot bahu dan juga tricep. Adapun manfaat lainnya adalah membuat perut jadi sixpack, mencegah osteoporosis, memperpanjang umur dan juga membuat jago di ranjang. (sumber)

  • Sit up
Sit Up
Cara sit up

Sit up sendiri manfaatnya adalah mengencangkan otot perut atas, tengah, dan bawah. sehingga membuat otot perut menjadi kuat dan menjadi langsing (perempuan), dan bisa membuat perut menjadi sixpack (pria).

  • Squat
Squat
Cara squat

Squat memberikan manfaat mengencangkan otot bagian bawah diantaranya bokong, paha dan juga betis.

  • Leg raises
leg raises
cara leg raises

Leg raises juga memberi manfaat sama seperti sit up yaitu mengencangkan otot perut terutama otot perut bagian bawah. Dengan sering melakukan ini maka lemak dalam perut akan terbakar.

  • Plank
plank
cara plank

Latihan plank dilakukan dengan target untuk memperkuat dan menstabilkan otot-otot pusat, pundak, dan pinggul. Ketika Anda melakukannya, Anda memang merasakan berat di bagian lengan dan perut. Dengan melakukan plank maka lemak dalam perut akan terbakar sehingga membuat perut jadi lebih rata.

Mungkin itu dulu contohnya lain kali akan saya tambah lagi. Untuk memulai latiannya mungkin bisa dengan menu di bawah ini:

Lakukan Push up 3 set dengan jumlah 15-20 repetisi

lakukan sit up 3 set dengan jumlah 8-12 repetisi

lakukan squat 3 set dengan jumlah 20-25 repetisi

lakukan leg raise 3 set dengan jumlah 8-12 repetisi

lakukan Plank 30 detik.

*Setiap set istirahat 1 menit maksimal 2 menit kemudian dilanjut set berikutnya.

Latihan ini tidak hanya untuk pria saja melainkan wanita juga, dengan latihan ini jadi bagi yang ingin punya badan ideal tidak perlu bayar mahal untuk pergi ke gym cukup latihan di rumah saja.

Ayo kita canangkan indonesia bebas buncit. Work out mulai sekarang kapanpun dan di manapun.

Iklan