Muscle soreness
Muscle soreness

Tadi pagi adalah minggu pagi. Seperti biasa gw selalu berusaha melawan malas agar selalu olahraga seperti pada post ini. Dan seperti biasa juga gw kalo olahraga sudah mulai jarang jogging,  paling cukup sprint aja. Alasannya masih sama seperti post gw sebelumnya yaitu mengenai sindrom exercise urticaria.

Maka dari itu olahraga favorit gw adalah calisthenics. Calisthenics adalah baca di sini, singkatnya calisthenics adalah olahraga yang mengandalkan berat badan kita sendiri untuk mendapatkan kemampuan maksimal tubuh.

Tadi pagi gw olahraga latihan full body. Yang dimaksud full body adalah gw melatih semua bagian tubuh, mulai dari otot dada, otot lengan, otot kaki. Pokoknya semua otot besar dari atas ke bawah. Nah, sekarang masuk ke point sesuai judul tulisan ini. Mengapa setelah latihan badan terasa sakit semua dan pegal-pegal serasa tulang mo remuk? Gw sendiri sedang mengalami kaya gini, badan sakit semua rasanya pengen tiduran saja.

Harap diketahui bahwa hal ini wajar. Entah itu anda yang baru pertama kali latihan atau anda yang sering latihan sekalipun, semuanya merasakan hal yang sama. Sakit memang, tapi itu bagus karena itu cara otot memberitahukan bahwa latihan anda berhasil. Seperti kata pepatah No Pain, No Gain”  jadi semua kerja keras anda, rasa sakit yang anda alami pasti akan membuahkan hasil. Hasil dari calisthenics ini adalah hidup menjadi lebih fresh, badan tampak bugar, menambah kekuatan, keseimbangan dan bonusnya adalah menjadikan tubuh anda sixpack.

Balik lagi ke topik, sakit pada otot pasca olahraga atau bisa disebut “Delayed onset muscle soreness” atau disingkat DOMS. Kondisi ini dikarenakan adanya Sobekan yang sangat kecil pada otot-otot. Otot pasif yang jarang dilatih cenderung bisa sobek dan terasa sakit ketika digunakan stelah ‘menganggur’ begitu lama. Biasanya DOMS akan sembuh dengan sendirinya 2-4 hari. Jika kerusakan lebih berat bahkan bisa sampai 1 minggu.

Mengapa badan terasa sakit setelah latihan?

  • Anda melakukan hal baru yang sebelumnya tak pernah anda lakukan. Misal anda ikut lari marathon padahal biasanya lari cuma beberapa kilometer. Atau anda tidak pernah push up tapi anda melakukan.
  • Anda tiba-tiba menaikkan level latihan anda atau menambah waktu lamanya latihan anda.

Bagaimana mempercepat penyembuhan DOMS?

Semua yang dapat memperlancar aliran darah dapat membantu penyembuhan rasa sakit (DOMS). Diantaranya latihan intensitas rendah, berendam di air hangat, sauna, dan pemijatan. Jangan lupa sebelum memulai latihan untuk selalu pemanasan.

Karena gw sudah menambahkan kategori calisthenics di blog ini maka gw akan berbagi sedikit pengetahuan tentang calisthenics.So, Stay tune okey and keep work out dan healthy lifestyle 🙂

 source img: trainingsaspects.com

Iklan