Olahraga dengan jaket
Olahraga dengan jaket

Pas lagi enak-enak nyantai maen gadget tiba-tiba terdengar suara BBM, yang suaranya “cengklung”. Saat gw buka isinya ternyata pesan dari teman yang minta bantuan. Yang isinya seperti ini :

Fer, bantuin gw dong. gw pengen kurus, udah bener-bener niat. Gimana caranya diet? gimana caranya olahraga biar cepet kurus? Olahraga pakai jaket ngaruh ngga?

Menjaga bentuk tubuh emang susah, apalagi bagi yang suka makan. pasti susahnya minta ampun. Temen gw ini cewek perawakannya tinggi gede. Udah tinggi, gede lagi, ngga kebayangkan jadinya kaya apa. Dari dulu dia pengen banget kurus, tapi makin kesini yang gw lihat justru makin bengkak *ups,,, marah ngga ya orangnya gw katain begini*. Diantara temen-temen gw, gw lah yang paling rajin olahraga jadi wajar kalo dia minta bantuan gw. Karena badan gw ngga gendut dan ngga kurus-kurus amat.

Nah, yang mau gw bahas disini adalah yang pertanyaan terakhir, Olahraga pakai jaket sebenarnya ngaruh ngga sih? Mungkin sebagian besar jawabannya ngaruh, karena dengan menggunakan jaket maka kita akan banyak mengeluarkan keringat.

Tapi itu tidak bisa diartikan dengan semakin banyak berkeringat maka semakin banyak kalori yang terbakar. Justru, semakin banyak kita berkeringat maka membuat kita semakin dehidrasi.

KALORI

Tubuh kita membutuhkan energi , energi berasal dari kalori yang kamu makan. Saat kamu melakukan kegiatan maka tubuh akan membakar kalori, kalau kebutuhan kalorimu kurang maka tubuh akan membakar lemak dan merubahnya menjadi energi. Untuk mengurangi berat badan dibutuhkan perbakaran kalori sebesar 3500 setiap 400 gram lemak yang hilang. Jadi kalo kamu pengen kurus caranya adalah dengan mengurangi jumlah kalori yang masuk atau membakar kalori dengan berolahraga. Atau bisa dengan kombinasi keduanya.

KERINGAT

Saat temperatur dalam tubuh naik, maka itu akan membangkitkan kelenjar keringat sehingga tubuh akan mengeluarkan cairan untuk mendinginkan permukaan kulit. Pemakaian jaket akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga meningkatkan jumlah keringat yang dihasilkan. Meskipun demikian peningkatan suhu tubuh tidak menambah kalori yang keluar, hanya akan membuatmu kehilangan cairan tubuh.

Mengeluarkan banyak keringat hanya akan menurunkan berat badan sementara. Karena kamu  hanya kehilangan dalam bentuk cairan dan elektrolit. Berat badan kamu akan naik lagi saat kamu mulai makan dan minum.

Jadi kesimpulannya olahraga menggunakan jaket atau sweater tidak banyak mempengaruhi turunnya berat badan. Cara terbaik menurunkan berat badan adalah dengan memanage kalori yang masuk bisa dengan rajin berolahraga, dan makan makanan sehat, dan bisa dengan diet rendah kalori.

Semoga bisa memberi sedikit perncerahan bagi yang suka berolahraga pake jaket. Untuk lengkapnya baca disini http://www.livestrong.com/article/455285-will-i-burn-more-calories-if-i-exercise-with-a-sweater/

Oh ya, Kemarin ada kejadian yang cukup menggemparkan Jakarta, yakni serangan teroris. Semoga bagi keluarga korban di beri ketabahan. Dan semoga korban yang meninggal tenang di alam sana. Untuk terorisnya saya doakan  Rest In Hell aja.

Iklan