Bangga punya perut buncit?

Halo, para bunciters… gimana kabarmu hari ini? sehat? Alhamdulilah. Tulisan gue kali ini cuma mau curhat aja, Akhir-akhir ini sering banget liat meme yang membanggakan punya perut buncit. contohnya seperti gambar dibawah ini:

perut buncit Disitu tertulis “Perut buncit merupakan bagian tubuh yang begitu artistik, wujud dari kemapanan dan ngangenin”.

Apakah benar begitu? perut buncit merupakan seni? yang punya perut buncit itu mapan? dan juga ngangenin?

Asal anda tahu, apa saja sebenarnya fakta dibalik perut buncit.

Menurut CDC (Center for Disease Control) berikut adalah resiko yang ditimbulkan dari kelebihan berat badan atau obesitas alias perut buncit.

  • Kematian dini

Menurut Center for Disease Control menyebutkan bahwa 300.000 kematian di AS disebabkan oleh obesitas. Orang yang memiliki obesitas beresiko kematian dini 50-100% dibanding dengan orang yang memiliki berat badan normal

  • Jantung

Orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki resiko sangat tinggi terkena serangan jantung, gagal jantung, ataupun sesak dada. Obesitas juga berkaitan dengan penurunan kolesterol baik, kadar trigliserida, dan juga tekanan darah tinggi.

  • Diabetes tipe 2

80% penderita diabetes adalah orang yang memiliki berat badan berlebih. Orang yang mengalami kenaikan berat badan 5-10 kg dari berat badan sehat memiliki resiko 2 kali lipat lebih besar terkena diabetes tipe 2 dibanding yang berbadan normal

  • Stroke

Penyempitan pembuluh darah merupakan kondisi yang mengawali banyak kasus stroke. Penyempitan pembuluh darah sendiri di picu oleh tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan kurang berolahraga dimana hal itu berkaitan dengan obesitas.

Dan masih banyak lagi seperti:

  • Kanker (endometrial, breast, colon, kidney, gallbladder, and liver)
  • Osteoarthritis
  • Masalah pernafasan saat tidur (sleep apnea)
  • Turunnya kualitas hidup
  • Gangguan mental, depresi

Begitu banyak gangguan kesehatan yang di sebabkan oleh perut buncit. Masih berani bilang kalau perut buncit itu seni? Yang namanya seni itu suatu maha karya keindahan, coba lihat perut buncit apakah itu suatu keindahan?

Perut buncit menandakan kemapanan, coba berkunjunglah di daerah kumuh sudut jakarta, lihat bapaak-bapak yang tinggal disana. Banyak sekali yang memiliki perut buncit.

Ngangenin? kalau yang satu ini gue ngga bisa komentar, itu menurut selera masing-masing, tapi kalau boleh jujur gue lebih kangen cewek yang langsing bak model dibanding yang punya perut kemana-mana. So, masih ingin memelihara perut buncit?

Meme diatas merupakan suatu pembelaan bagi kaum pemalas, yang tidak mau olahraga, malas bergerak. Masih ingin membela yang jelas-jelas banyak ruginya?

Ayo hidup sehat mulai sekarang!!!  Ingin tahu cara mengecilkan perut buncit? tunggu postingan berikutnya

Iklan

Alasan Kenapa Perut Membuncit

perut buncit

Lagi-lagi gue pengen membahas tentang masalah yang sudah mulai menjamur di Indonesia.  Masalah yang menurut gue termasuk salah satu masalah yang sangat serius. Apakah itu? perut buncit.

Berawal dari gue yang merasa heran terhadap Pak Polisi Indonesia yang memiliki bentuk tubuh lain dari yang lainnya. Berbeda dengan postur tubuh yang dimiliki polisi-polisi manca. Ya, Polisi kita memiliki bentuk perut yang agak maju, padahal kalau gue perhatikan pekerjaannya termasuk berat yaitu menjaga ketertiban lalulintas yang selalu berdiri berjam-jam menghadapi kemacetan dan polusi. Yang membuat gue jadi berpikir kok bisa yah polisi Indonesia memiliki bentuk perut yang seperti itu?

Oke, sekarang lupakan tentang polisi. Sekarang coba lihat sekeliling, atau jika perlu lihat perut sendiri. Apa yang kamu lihat? apakah punya perut yang sama seperti pak polisi? yaitu condong kedepan. Jika iya maka anda punya masalah yang cukup serius. Yang jadi pertanyaan adalah kenapa perut kamu sedikit maju kedepan padahal postur tubuh kamu tidak termasuk gemuk?

Lalu apa yang menyebabkan perut membuncit? Perut buncit bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan kita sehari-hari. Kebiasan seperti apakah yang bisa membuat perut buncit? Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang membuat perut membuncit.

1. Terlalu banyak minum minuman berkarbonasi

Anda penggemar minuman bersoda? suka minum satu-dua kaleng sprite atau fanta setiap harinya? Jika iya berarti anda akan terus membiarkan perut anda mengembang kaya balon. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi minuman bersoda dapat meningkatkan ukuran pinggang lima kali lebih cepat dibandingkan yang hampir tidak meminum soda dalam satu minggu.

Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan jumlah gula yang tinggi yang terkandung dalam soda dapat memicu anda untuk selalu makan, sehingga kamu akan makan lebih banyak dari yang seharusnya saat waktu makan. Jika anda memang ingin menghilangkan dahaga, anda bisa memilih smoothie, jus buah segar atau air perasan lemon. Karena soda hanya akan menambah berat badan tanpa menghilangkan dahaga, kenapa mesti minum?

2. Makan di tengah malam

Makan saat larut malam hanya akan menimbun lebih banyak lemak. Meskipun benar tubuh secara alami membakar lemak saat tidur, namun hal itu tidak efisien jika perut dalam keadaan penuh. Selain menyebabkan perut buncit makan terlambat juga meningkatkan resiko terkena asam lambung dan gangguan pencernaan. Dikarenakan gravitasi tidak mampu menarik segala sesuatu di perut lurus kebawah.

Untuk mencegah kondisi ini, makan makanan kecil saat malam dan tidak berbaring setidaknya selama tiga jam setelah makan malam. Jika memungkinkan, makanlah buah saat anda merasa lapar di malam hari jangan memakan semua makanan yang ada.

3. Melampiaskan amarah dengan makan banyak

Ini sering terjadi pada kaum perempuan. Jika sedang sedih, marah atau kesal sebagai pelampiasannya adalah dengan makan lebih banyak. Hal ini tidak menghilangkan stress anda melainkan hanya menambah lemak perut. Cara terbaik untuk menghadapi stress ini adalah dengan banyak minum air putih, berbicara dengan teman atau jalan santai. Hindari yang berhubungan dengan makan saat anda sedang emosional, sehingga anda tidak perlu lagi menambah masalah baru yaitu perut yang membuncit.

4. MaGer / Males gerak

Males gerak merupakan penyakit yang sangat sulit dihilangkan terutama gue. Gue kalau udah terbaring di kasur bawaannya males. Males ngapa-ngapain, buat membereskan buku yang berserakan aja malesnya minta ampun. Hal ini yang membuat perut kita semakin membesar, karena dengan malas bergerak maka tidak ada kalori yang terbakar sedangkan kita selalu menambah kalori dengan makan dan cemilan setiap harinya. Solusi mengatasi mager adalah dengan olahraga atau bisa juga dengan calisthenics. Di dalam kamarpun kita bisa melakukan calisthenics.

Yuk, kita berantas perut buncit dengan menghentikan kebiasaan kebiasaan buruk tersebut dan rajin olahraga.